Friday, June 30, 2006

Pasar Asemka - Kota

Di suatu siang when i am totally not in the mood buat kerja - damn bmp :( - sukses lah aku diculik oleh teman sebelah ku untuk jalan jalan lagi ke kota. Yah, mumpung lagi libur anak sekolah, jalan kan rada sepi pas lunch time. Ternyata ngga sesepi yang diperkirakan, karena di Monas sedang ada demo, kurang jelas demo apa but it's more lagi family picnic dibanding demo tampaknya.

First, kita lunch dulu di Mangga Besar, ada warung kecil ngejual mie a la Medan, namanya Mie Tjong Sim. Wawa - my boss - explained that Tjong sim adalah tipe mie yang digunakan. Ini versi tidak halal yah, jadi mie nya diberi pork cutlet (yang merah & putih) dan ayam, dihidangkan dengan pangsit rebus dan kuahnya. Rasanya leker sekali. Mie tjong sim ini rasanya 'light' dan kenyangnya juga ngga yang "full" banget. Selain nie tjong sim juga ada nasi campur, cuman rasanya B banget.

Setelah itu kita lanjut lagi naik taxi ke Pasar Asemka. Pasar ini ada di belakang Harco Plaza (depan Glodok). Jadi kalau dari Thamrin, Harco Plaza ini ada di sebelah kanan. Persis di sebelah Harco, ada jalan, namanya Jl. Pancoran. Dulu sepanjang jalan ini, banyak PKL nya, yang sekarang sudah bersih habis ditertibkan. Nah masuk saja terus ke Jl. Pancoran, setelah lewat jembatan, di sebelah kiri ada gedung toko tua yang jelek. Itu adalah Pasar Asemka.

Pas pertama aku lihat, langsung exciting banget. di depan pasar banyak yang jual es tebu Medan. Sumpee, seger banget di minum di siang hari bolong gini. Terus ada Liang Tea Medan (teh Medan), pisang goreng, kue ape, kue rangi pokoknya jajanan tempo doloe deh. Masuk dikit langsung disambut bau....durian. Ahhhhhh, langsung ngga kuat iman :) walau ngga nyoba, duriannya gendut gendut dan ngga mahal. Definitely will come back to try !

Ternyata Pasar Asemka adalah pusat grosir untuk stationery, kalung dan aksesoris cewek serta suvenir buat kawinan. Sakit hati banget ngelihat harganya, karena super duper murahhhhh. temen aku yang jago banget nawar di Blok M ajah langsung ngamuk ngelihat harganya. "sialan, gue diboongin nih ama abang abang Melawai " hehehehehe.

Cuman namanya juga pusat grosir, jadi belinya juga harus banyak. Untuk illustrasi, jepit rambut warna warni selusin cuman 5000, buku tulis yang bagus cuman seribu satu buahnya kalu beli banyak, suvenir kawinan juga dahsyat banget harganya, mutu sudah bagus, jatuhnya cuman 2000 an ke atas.

Kalau suka aksesoris kaya kalung, anting bisa kalap tuh, apalagi yang punya jiwa jualan tinggi. It's really a perfect place :p. Cuman saking banyaknya pilihan, bisa seharian kali milihnya. Di sini juga ada tempat kalo hobby bikin kalung sendiri, lengkap buangett

Pulang pulang, badan bau matahari dan kantong bolong, tapi hati puasssss banget
And it's true, kerja jadi semangat abis :)

How to get there:
- Busway : berhenti di halte Glodok, setelah halte Mangga Besar. Nyeberang jalan, jalan kaki dari situ ke Asemka agak jauh, jadi jangan ngomel :p
- Taxi: kalau naik Blue Bird, dari Blok M sekitar 40 ribuan dengan catatan ngga macet lho

6 comments:

Anonymous said...

hellow keu-keu...

seru banget yawh baca tulisan yang km ttg pasar asemka...

kebetulan banget aku maw ke sana n lg nyari2 info neyh...ttg harga n naik apa k sana,,,

thanx yup...info na...
dah ga sabar neyh bwat belanja d sana...

^-^...

wLan...
wlan_syapa_yach@plasa.com
lam knal

Anonymous said...

Sekarang sudah gak perlu macet-macet ke Asemka lagi, apalagi dari daerah-daerah yang ingin belanja ke Asemka dan Pasar Pagi tinggal belanja di www.GrosirPasarPagi.com. Supply langsung dari importir-importir yang memasok barang ke Asemka dan Pasar Pagi

Anonymous said...

Oh ya ditunggu ya yang ingin menjadi agen / distributor dari www.GrosirPasarPagi.com. Aksesoris wanita anak, stationery, alat tulis, barang fancy sampai souvenir kami ada dengan harga grosir. Melayani pengiriman ke seluruh Indonesia dengan harga kirim murah, ada yang ke Surabaya 1 kg hanya Rp. 1000. Biaya selengkapnya ada di http://www.grosirpasarpagi.com/asemka/pengiriman.html

Sherlie Yulvianti said...

Hallow.. wah jadi tau nih mau belanja kemana ntar di Jkt. Thanks infonya ya..

tulis said...

atau bisa juga belanja online di sini www.alattulisku.com untuk keperluan alat tulis kantor dan sekolah

Khudori said...

yuukk pada mampir ke asemka ada soto kudus....i wait yoooooo