Tuesday, July 18, 2006

Freakonomics

FREAKONOMICS

By: Steven D. Levitt & Stephen J. Dubner

Kalau ada yang pernah nonton, ada serial TV "Number", di mana di serial ini matematika dipergunakan untuk memecahkan berbagai jenis kejahatan. Nah, di buku ini ekonom, Steven D. Levitt mempergunakan matematika untuk menganalisa berbagai sosial problem yang ada di masyarakat saat ini. Sedang untuk penulisannya dibantu oleh wartawan, Stephen J. Dubner.

Sebagai bukan penggemar buku ekonomi dan matematika tentunya, i really have fun with this book. Pertama karena issue diangkat adalah mengenai kehidupan sehari hari, kemudian dianalisa dengan cara & bahasa yang singkat jadi mudah dipahami dan - surprise - entertaining.Although mungkin buat yang "advance", buku ini akan menjadi terlalu sederhana.

Topik yang diangkat juga menarik banget. Misalnya: tahukah bahwa guru dan atlet sumo itu ternyata sama sama suka cheating. Why drug dealers are still living with their moms. Do you know that swimming pool is more dangerous than gun for children, how to make a good parents. Ada juga yang analisa yang mungkin menimbulkan kontroversi (apalagi kalau Levitt orang Indonesia nih). Jadi Levit menganalisa apa sih yang menyebabkan tingkat kejahatan itu turun. Ternyata bukan karena polisi tambah cekatan or tambah banyak, bukan pula karena ada innovative strategies yang diterapkan tapi the most significant factor adalah legalisasi aborsi di US. Nahhhhh...

No comments: